Breaking News
Loading...
Minggu, 20 Mei 2012

artikel ipa kelas V sem 1

. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah    :   MI NURUL HUDA MINGGIRSRI
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :   V/1
Alokasi Waktu    :   8 jam pelajaran (4 × pertemuan)
Standar Kompetensi  :   1.   Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar    :   1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan, misalnya ikan dan cacing tanah
Indikator    :   1.   Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan.
2.   Mengidentifikasi alat pernapasan pada beberapa hewan.
3.   Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar dan terinfeksi oleh kuman
4.   Memelihara kesehatan alat pernapasan

I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.   Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan;
2.   Mengidentifikasi alat pernapasan beberapa hewan;
3.   menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar dan terinfeksi oleh kuman;
4.   memelihara kesehatan alat pernapasan.

II.  Materi Pembelajaran
Alat pernapasan manusia dan hewan

III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, kelompok, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
 2.   Mengingat kembali materi yang sudah diajarkan dan mengaitkanya dengan materi yang akan dipelajari.

Kegiatan Inti
1. Dengan diskusi dua arah, siswa menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
 2. Guru menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dengan penekanan pada ciri bernapas.
3.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan gas yang dibutuhkan dan dikeluarkan ketika bernapas.
4.  Guru menyebutkan alat pernapasan pada manusia dan hewan di sekitar.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan proses pernapasan pada manusia dan hewan. Memberikan tugas rumah.


Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
 3.   Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4.    Dengan dipandu guru, siswa mengoreksi tugas rumah.

Kegiatan Inti
1.  Guru menjelaskan proses pernapasan pada manusia.
2.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat pernapasan manusia.
3.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan proses pernapasan pada manusia.
4.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan pernapasan perut dengan pernapasan dada.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara kerja alat pernapasan, pernapasan dada, dan pernapasan perut. Guru menanyaan materi yang belum dipahami oleh siswa



Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
3.    Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat pernapasan  hewan yang ada di sekitar.
5.    Guru menyediakan charta alat pernapasan hewan, antara lain mamalia, ikan, burung, reptil, amfibi, serangga, dan cacing.

Kegiatan Inti
1.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pernapasan pada mamalia, ikan, burung, reeptil,amfibi, serangga dan cacing.
2.    Dengan dipandu guru, siswa membandingkan pernapasan pada mamalia, ikan, burung, reeptil,amfibi, serangga dan cacing.
3.  siswa diarahkan untuk mengeerjakan tugas pada table.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan alat pernapasan hewan dan cara bernapas hewan.



Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.    Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit pada alat pernapasan
3.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan usaha yang dapat dilakukan  untuk menjaga kesehatan alat pernapasan.

Kegiatan Inti
1.    Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pengalamannya mengenai penyakit pernapasan yang pernah dialaminya.
2.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyebab penyakit pada alat pernapasan, misalnya pencemaran udara, merokok, dan terinfeksi kuman
3.    Guru menjelaskan usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan alat pernapasan, antara lain menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
4.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan bahaya rokok.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan alat pernapasan.


V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
•    Buku ilmu pengetahum alam 5 halaman 1–12, terbitan yudistiraPustaka Mandiri.
•    Lks fokus
•    Charta alat pernapasan manusia
•    Model alat pernapasan manusia
•        Charta alat pernapasan hewan
•    Alat­alat tulis

VI. Penilaian dan tugas
•    Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
•    Mengerjakan table dibawah ini
Table Pengamatan Organ Pernapasan Pada Hewan

no    Jenis hewan    Persamaan organ pernafasan    Perbedaan organ pernafasan
1    mamalia       
2    burung       
3    Ikan       
4    reptil       
5    amfibi       
6    Cacing       
7    serangga       


Mengetahui,                                       BLITAR,                 2011
Kepala Sekolah                              Guru Kelas
                  



(         H.Rukijat. S.Pd.I    )                                   (     Muhamad Makinudin    )   
 NIP. 19590609 19920310 02   




















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah    :   MI NURUL HUDA MINGGIRSRI
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :   V/1
Alokasi Waktu    :   6 jam pelajaran (3 × pertemuan)
Standar Kompetensi  :   1.   Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar    :   1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
Indikator    :   1.   Mengidentifikasi alat pencernaan pada manusia.
2. menjelaskan fungsi masing-masing orga pencernaan manusia
3.    Membuat daftar beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
4.    Menjelskn cara merawt aalat pencernaa
5.    Mengidentifikasi makanan bergizi
6.   Menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat
7. memahami cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya

I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.    mengidentifikasi alat pencernaan pada manusia;
2.    menjelaskan fungsi masing-masing organ pencernaan manusia;
3.    menyebutkan beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencemaran;
4.     mengidentifikasi makanan bergizi;
5.    menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat;
6.     membuat daftar beberapa menu makanan bergizi seimbang;
7.     memahami cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap memper­
tahankan nilai gizinya.

II.  Materi Pembelajaran
Pencernaan, makanan, dan kesehatan


III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, diskusi kelompok, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
3.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan urutan makanan masuk tubuh hingg kelur lewat anus.
4.    Member motivsi kepada siswa mengenai pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
1.    Guru memperlihatkan cahrt lt pencernaan pada siswa.
2.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat-alat pencernaan makanan, antara lain rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, dan anus.
3.    Guru mempersiapkan daftar pertanyaanDengan dipadu guru siswa menyebutkan beerbagai organ pencernaan pada manusia.
4.    Siswa berkumpul sesuai kelompok kemudian menerima tugas dari guru.
5.    guru mengarahkan siswa mengerjakan tugas kelompok
Kegiatan Akhir
Siswa mengumpulkan tugas kelompok kepada guru dan kemudian mengambil soal yang merupka tugas individu dan pekerjan rumah


Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
3.    Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan membahas pekerjan rumah.
4.    Guru menyediakan charta alat pencernaan yang ada di dalam rongga muLut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, poros usus, dan anus.

Kegiatan Inti
1.  Dengan dipandu guru, siswa membaca lks focus hal 14-16.
2. Dengan dipandu guru, siswa melakukan Tanya jawab tentang makanan bergizi.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dan menuliskan macam-macam makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak vitamin dan mineral yang ditulis dipapa tulis terlampir
4. Dengan dipandu guru, siswa melakukan Tanya jawab tentang cara mengolah makan yang benar

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dan kemudian mengerjakan tugas pada lks focus hal 15.


   V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
•    Buku IPA 5, terbitan yudistira
•    Charta alat pencernaan
•    Charta makanan bergizi
•    Charta menu makanan bergizi seimbang
•    Alat­alat tulis

VI. Penilaian
•    Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
•    mengerjakan tugas kelopok yaitu table di bawah ini
no    organ    bagian    fungsi    cara kerja
1    mulut    gigi        
        seri        
        taring        
        graham        
        lidah        
        ujung         
        sisi        
        pangkl        
2    kerongkongan    uvula        
        faring        
        piglotis        
3    lambung    katub atas        
        katub bawah        
        getah lmbung        
        enzim        
4    usus halus    usus 12 jar1        
        usus kosong        
        usus penyerapan        
5    usus besar             
6    anus             

•    Mengerjakan tugas lks focus halaman 13 dan 17
•    Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 21–23





Mengetahui,                                      dilaksanaan…………………
Kepala Sekolah                                     Guru Kelas




(         H.Rukijat. S.Pd.I    )                                      (     Muhamad Makinudin    )
NIP. 19590609 19920310 02   







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah    :   MI Nurul Huda Minggirsari
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :   V/1
Alokasi Waktu    :   8 jam pelajaran (4 × pertemuan)
Standar Kompetensi  :   1.   Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar    :   1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ  peredaran darah manusia
Indikator    :  1.  Mengidentifikasi organ peredaraan darah pada  manusia melalui gambar.
2.  Menyebutkan kegunaan masing-masing organ peredaran darah  pada  mnusia.
3.  Menjelasknn proses terjadinya peredaran darah besar dan darah kecil.
4.  mencari informasi tentang penyakit yang menyerang alat predaran darah manusia

I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.   mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar;
2.   menyebutkan penyakit yang memengaruhi alat peredaran darah manusia;
3.   mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.

II.  Materi Pembelajaran
Alat peredaran darah manusia

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, modular, diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke- 
Kegiaran Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
3.    Guru menyediakan charta alat peredaran darah manusia.
4.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat peredaran darah.
Kegiatan Inti
1.     Dengan dipandu guru, siswa mendiskusikan  bagian  yang terdapat dalam jantung seperti serambi, bilik dan moikordia.
2.    Dengan dipandu guru, siswa mendiskusikan  bagian  yang terdapat dalam pembuluh darah  seperti vena, arteri dan pembuluh kapiler.
3.     Guru memberikan tugas untuk mengetahui seberapa pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.
4.    Mengoreksi pekerjaan siswa secara bersama-sama.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi darah bagi tubuh, yaitu mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh.

Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
3.    Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4.    Guru menjelaskan fungsi jantung, yaitu memompa darah sehingga beredar ke seluruh tubuh.
5.  Guru mempersiapakan alat-alat seperti kertas catatan dan stopwatch.

Kegiatan Inti.
1.    Siswa melakukan pengamatan terhadap carta peredaran darah pada manusia kemudian belajar untuk memehami serta menceritakan  peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.
2.    Siswa melakukan pengamatan terhadap carta peredaran darah pada manusia kemudian belajar untuk memehami serta menceritakan peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan memandu siswa menggunakan bahasa sendiri mengenai materi yang telah diajarkan, serta pemberian tugas rumah.



Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.    1.  Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
3. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4.  Guru menjelaskan fungsi jantung, yaitu memompa darah sehingga beredar ke seluruh tubuh.
5.  Guru mempersiapakan alat-alat seperti kertas catatan dan stopwatch.

Kegiatan Inti.
1.     Dengan dipandu guru, siswa membuktikan  adanya denyut nadi pada bagian- bagian tubuh.
2.     Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 22 Buku IPA 5 Yudistira.
3.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
4.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menjaga kesehata alat peredaran darah.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan

Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.    Berdoa bersama dan menyapa terhadap siswa
2.    Memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
3. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.  Guru menjelaskan fungsi jantung, yaitu memompa darah sehingga beredar ke seluruh tubuh.
3.  Guru mempersiapakan alat-alat seperti kertas catatan dan stopwatch.

Kegiatan Inti.
5.   
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan


V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
•    Buku IPA 5, terbitan yudistira
•    Charta peredaran darah pada manusia
•    lks fokus ilmu pengetahuan alam 5
•    stopwatch
•    alat tulis menulis


VI. Penilaian
•    Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
•    Mengerjakan table istilah peredaran darah dibawah ini

Table Istilah Peredaran Darah
no    nama    letak    fungsi    keterangan
1    serambi           
2    bilik           
3    miokardia           
4    vena           
5    arteri           
6    Pembuluh kapiler           

•    Mengerjakan tugas pada halaman 17 dan 20.
•    Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 21–23.




Mengetahui,                                                         dilaksanaan…………………
Kepala Sekolah                                          Guru Kelas




(         H.Rukijat. S.Pd.I    )                                                   (     Muhamad Makinudin    )
NIP. 19590609 19920310 02   






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah    :   MI NURUL HUDA MINGGIRSRI
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :   V/1
Alokasi Waktu    :   8 jam pelajaran (4 × pertemuan)
Standar Kompetensi  :   2.   Memahami cara tumbuhan hijau membuat
     makanan
Kompetensi Dasar    :   2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makan
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Indikator















I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.   menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain;
2.   menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan;
3.   menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya;
4.   menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi;
5.   menyebutkan yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.

II. Materi Pembelajaran
Tumbuhan hijau


      III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, diskusi kelompok, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.    Guru menyediakan charta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
2.    Guru menyediakn tumbuhan hijau dan tumbuhan tidak hijau
3.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di Sekitar bisa memperoleh makanan.
Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan tumbuhan hijau dan tidak hijau.
2.    Dengan dipandu guru, siswa menjelaskan tentang cirri-ciri MH.
3.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
4.    Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Kemudian siswa disuruh mempersiapkan bahan untuk percoban yang ak datang

Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.    Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hasil fotosintesis.
3.    Dengan dipandu guru sisw mempersiapkan alat percobaan
Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan bahwa hasil fotosintesis, yaitu karbohidrat dan oksigen.
2.    Dengan dipandu guru siswa melakukan mempraktikkan lks fokus hal 27.
3.    Dengan dipandu guru, siswa memehami dan menjelaskan tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan hasil fotosintesis bagi kehidupan.


Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.   Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuaan sebelumnya.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.

Kegiatan Inti
1.  Guru menjelaskan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan tumbuhan, antara lain umbi, batang, daun, buah, dan biji.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada umbi, misalnya wortel, singkong, bawang merah, dan kentang.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada batang, antara lain tebu dan sagu.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, antara lain apel, jeruk, mangga, anggur, dan pisang.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, antara lain padi, jagung, dan kedelai.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan di sekitar yang digunakan untuk menyimpan makanan cadangan.


Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.    Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan.
3.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi tumbuhan hijau bagi kehidupan di dunia.

Kegiatan Inti
1.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan.
2.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang memperoleh makanan secara langsung dari tumbuhan, misalnya kelinci.
3.    Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang memperoleh makanan secara tidak langsung dari tumbuhan, misalnya harimau.
4.    Dengan dipandu guru siswa menjelaskan jarring-jaring makanan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tumbuhan sebagai sumber energy dan kebergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau.



V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
•    Buku IPA 5, terbitan yudistira
•    charta proses fotosintesis
•    lks fokus ilmu pengetahuan alam 5
•    alat tulis menulis


VI. Penilaian
•    Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
•    Mengerjakan tugas pada halaman 27 dan 29.
•    Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 30–33





Mengetahui,                                        dilaksanaan…………………
Kepala Sekolah                                    Guru Kelas




(         H.Rukijat. S.Pd.I    )                                      (     Muhamad Makinudin    )
NIP. 19590609 19920310 02   







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah        :   MI Nurul Huda Minggirsari
Mata Pelajaran        :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester        :   V/1
Alokasi Waktu        :   10 jam pelajaran (5 × pertemuan)
Standar Kompetensi  :   3.   Mengidentifikasi cara makhluk hidup
Menyesuaikan diri dengan lingkungan
Kompetensi Dasar        :   3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan      
                             dengan lingkungan tertentu untuk 
                                               mempertahankan hidup
   3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan
           dengan lingkungan tertentu untuk 
           mempertahankan hidup
Indikator    :   1.   Memberi contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya
2. Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya racun, duri, atau daun yang tajam
3.   Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dan 
      tempat hidupnya

I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.   menyebutkan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya;
2.   menjelaskan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya racun, duri, atau daun yang tajam;
3.   menyebutkan hubungan antara ciri khusus tumbuhan dan tempat
        hidupnya.

II.  Materi Pembelajaran
Penyesuaian diri makhluk hidup

III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.   Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan untuk memperoleh makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan untuk memperoleh makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.

Kegiatan Inti
1.   Dengan dibimbing guru, siswa menyebutkan tempat hidup hewan dan cirri khusus yang dimilikinya.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.
3.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan yang akan dialami makhluk hidup yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.


Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.  Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan untuk memperoleh makanan, antara lain penyesuaian diri pada kucing, burung, laba-laba, dan ular.

Kegiatan Inti
1.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada kucing, singa, dan harimau untuk memperoleh makanan, antara lain singa berkuku dan bertaring tajam.
2.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada burung untuk memperoleh makanan, antara lain adanya beraneka macam bentuk paruh dan kaki burung.
3.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada laba-laba untuk memperoleh makanan, antara lain memiliki perangkap yang berupa jaring.
4.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada ular untuk memperoleh makanan, antara lain memiliki bisa atau racun.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya hewan untuk menyesuaian diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan.


Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.  Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan untuk melindungi diri dari musuhnya.

Kegiatan Inti
1.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada bunglon untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, misalnya mampu meng­ ubah warna tubuhnya sesuai dengan tempatnya.
2.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada belalang dan kupu-kupu untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain memanfaatkan kesamaan warna kulitnya dengan lingkungan tempat tinggalnya.
3.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada kura-kura untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain memiliki tempurung yang keras.
4.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada cecak untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain memutus ekor­ nya.
5.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada walang sangit untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain menge­ luarkan bau busuk.
6.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada cumi-cumi untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain menyem­ burkan cairan tinta.
7.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada rusa untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain hidup dengan cara berkelompok.
8.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada landak untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain memiliki duri tajam.
9.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada merak untuk menyelamatkan diri dari musuhnya, antara lain memiliki kemampuan untuk memberi kejutan dan menakuti musuh.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.

Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.   Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada tumbuhan terhadap lingkungannya
Kegiatan Inti
1.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan darat, misalnya pohon jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan tanah kering, misalnya kaktus berdaun duri.
3.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan air, misalnya teratai berdaun lebar dan tipis.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan terhadap lingkungannya.


Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.  Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada tumbuhan untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.

Kegiatan Inti
1.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan duri, antara lain durian.
2.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan getah, antara lain nangka, sawo, dan mangga.
3.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan racun, antara lain bambu.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.


Pertemuan Ke-
Kegiatan Awal
1.Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta penyesuaian diri hewan dan tumbuhan.

Kegiatan Inti
1.  Dengan dibimbing guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup dan tujuannya yang ditunjukkan oleh guru.
2.  Dengan dipandu guru, siswa meramalkan yang akan terjadi jika makhluk hidup tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkunganya.



V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
•    Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 53–68, terbitan PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
•    Charta penyesuaian pada hewan dan tumbuhan
•    Alat­alat tulis

VI. Penilaian
•    Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
•    Mengerjakan tugas pada halaman 56–57, 58, 59, 62, dan 65.
•    Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 67– 68.





Mengetahui,    dilaksanakan………………….
Kepala Sekolah    Guru Kelas




(         H.Rukijat. S.Pd.I    )    (     Muhamad Makinudin    ) NIP. 195909061992031002   












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah    :   MI Nurul Huda Minggirsari
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :   V/1
Alokasi Waktu    :   4 jam pelajaran (2 × pertemuan)
Standar Kompetensi  :   4.   Mengenal hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.
Kompetensi Dasar    :   4.1 Memahami hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas
Indikator    : 1. Mengidentifikasi beberapa jenis bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali-temali
2.   Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya
3.   Mengidentifikasi bahan-bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang
4.   Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang
5.   Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis
            penyusun bahan dengan sifatnya dari hasil
      percobaan

I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.   mengidentifikasi beberapa jenis bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali-temali;
2.   menyebutkan contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan 
       strukturnya;
3.   mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuatannya;
4.   membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji,
       misalnya berbagai jenis benang;
5.    menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan
    dan sifatnya dari hasil percobaan.




II.  Materi Pembelajaran
Struktur bahan

III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.   Guru menyediakan beberapa benda yang banyak terdapat di sekitar.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan penyusun benda.

Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan sifat bahan penyusun benda.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai macam jenis benang, antara lain senar, wol, dan nilon.
3.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sifat yang dimiliki oleh berbagai jenis benang.
4.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan dari berbagai jenis benang.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai macam penyusun benda yang ada di sekitar.


Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.   Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.   Guru menyediakan alat dan bahan untuk melakukan kegiatan pada halaman
72.

Kegiatan Inti
1.   Dengan dibimbing guru, siswa mengerjakan kegiatan pada halaman 72 untuk membandingkan kekuatan berbagai jenis benang.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan urutan kekuatan benang.
3.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan benang berdasarkan kekuatannya.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan sifat benang dan kegunaannya.


V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
•    Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 69– 118, terbitan PT Tiga Serang­
kai Pustaka Mandiri
•    Charta bahan berbagai benda
•    Alat­alat tulis

VI. Penilaian
•    Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
•    Mengerjakan tugas pada halaman 73.
•    Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 75 –76.





Mengetahui,    dilaksanakan………………….
Kepala Sekolah    Guru Kelas




(         H.Rukijat. S.Pd.I    )    (     Muhamad Makinudin    ) NIP. 195909061992031002   







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah    :   MI Nurul Huda Minggirsari
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester    :   V/1
Alokasi Waktu    :   4 jam pelajaran (2 × pertemuan)
Standar Kompetensi  :   4.   Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.
Kompetensi Dasar    :   4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
Indikator
















I.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.  mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan;
2.  menggambarkan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses, misalnya lilin dipanaskan, kertas dibakar, semen dicampur air, dan pembusukan buah;
3.   menjelaskan faktor yang menyebabkan perubahan pada benda;
4.   mendeskripsikan benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses;
5.   mendeskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses
     Berdasarkan pengamatan.
  II.  Materi Pembelajaran
Perubahan sifat benda

III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan benda yang terjadi dalam kehidupan sehari­hari.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan sifat benda sebelum dan sesudah mengalami perubahan.

Kegiatan Inti
1.   Dengan dibimbing guru, siswa menyebutkan penyebab perubahan benda, antara lain melarut dalam air, pembakaran, dan pembusukan.
2.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan zat yang larut dalam air.
3.   Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 80 untuk mengelompokkan zat yang larut dan tidak larut dalam air.
4.   Perubahan benda yang terjadi karena pembakaran, antara lain kertas dan lilin dibakar.
5.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan benda yang terjadi karena pembusukan, antara lain buah-buahan membusuk.
6.   Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan semen sebelum dan sesudah dicampur air.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan yang terjadi pada kertas yang dibakar, buah yang busuk, dan semen yang dicampur dengan air.

Pertemuan Ke- 
Kegiatan Awal
1.   Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2.   Guru menyediakan charta perubahan wujud sementara, misalnya perubahan uap air menjadi air.

Kegiatan Inti
1.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan benda yang dapat kembali ke wujud semula.
2.  Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 83 untuk mengetahui ciri-ciri perubahan wujud sementara.
3.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan ciri-ciri perubahan wujud sementara.
4.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan contoh perubahan wujud tetap.
5.  Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 84 untuk mengetahui ciri-ciri perubahan wujud tetap.
6.  Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan ciri-ciri perubahan wujud tetap.
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan ciri-ciri perubahan wujud sementara dan tetap.


V.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
•    Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 77–87, terbitan PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
•    Charta perubahan benda
•    Alat­alat tulis

VI. Penilaian
•    Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
•    Mengerjakan tugas pada halaman 82 dan 84.
•    Mengerjakan soal Evaluasi ulangan umum semester pada
    halaman 86–87.

Mengetahui,    dilaksanakan………………….
Kepala Sekolah    Guru Kelas




(         H.Rukijat. S.Pd.I    )    (     Muhamad Makinudin    ) NIP. 195909061992031002   
Contoh Lembar Pengamatan

Lembar Pengamatan Keaktifan Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Diskusi


No.    Nama
Siswa    Sangat
Aktif   
Aktif   
Cukup    Kurang
Aktif    Tidak
Aktif
1.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
2.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
3.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
4.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
5.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
Keterangan
Sangat aktif nilainya 5
Aktif nilainya 4
Cukup nilainya 3
Kurang aktif nilainya 2
Tidak aktif nilainya 1

Lembar Pengamatan Sikap dan Minat Siswa


No.    Nama
Siswa    Sangat
Baik   
Baik   
Cukup    Kurang
Baik    Tidak
Baik
1.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
2.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
3.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
4.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
5.    ..................    ..................    ...............    ...............    .................    ................
Keterangan
Sangat baik nilainya 5
Baik nilainya 4
Cukup nilainya 3
Kurang baik nilainya 2
Tidak baik nilainya 1


     

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer